Home Berita KADIN KOTA BANDUNG TERIMA KUNJUNGAN AUDIENSI STIE EKUITAS

KADIN KOTA BANDUNG TERIMA KUNJUNGAN AUDIENSI STIE EKUITAS

0
Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Bandung menerima kunjungan audiensi STIE EKUITAS pada hari Rabu (12/1/2022) yang berlangsung di Ruang Rapat Lt.2 Graha Kadin Kota Bandung, Jalan Talaga Bodas No. 31 Kota Bandung.

KADINBANDUNG.COM – Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Bandung menerima kunjungan audiensi STIE EKUITAS pada hari Rabu (12/1/2022) yang berlangsung di Ruang Rapat Lt.2 Graha Kadin Kota Bandung, Jalan Talaga Bodas No. 31 Kota Bandung.

Sebagai ketua Rombongan STIE EKUITAS Anton M. Aziz didampingi Ketua Pusat Kewirausahaan, Deni Hamdani, M.Si., Ketua Lembaga Perencanaan dan Pengembangan, Maya Irjayanti, PhD., Ketua Lembaga Kerjasama, Dr.Erlynda Y. Kasim, Wakil Ketua 3 Bidang Pengabdian, Kerjasama dan Inovasi, Anton M. Azis dan Rici Solihin, diterima oleh Ketua Kadin Kota Bandung, Ir. Iwa Gartiwa, MM. didampingi jajaran pengurus Kadin Kota Bandung yang terdiri dari Wakil Ketua Bidang UMKM, Koperasi dan Kemitraan, Bambang Tris Bintoro, Wakil Ketua Bidang Pengembangan SDM, Mohamad Ilyas, ST.MM., Dr. Harun Heri Trismianto,SE., MM., Rani Sintiawati, MPd., Dipl., CDESCO.,  Ega Megantari, SH., Bhakti Desta Alamsyah, Agus Sumeru dari LSP AP-I dan Direktur Eksekutif Kadin Kota Bandung, Ridwan Kurniawan.

Anton M. Aziz  menyampaikan bahwa  tujuan kunjungannya beraudiensi dengan Kadin Kota Bandung terutama karena Kadin Kota Bandung kewirausaannya cukup kuat, dan kita ingin melanjutkan apa yang sudah kita  kerjakan selama ini, terutama untuk masiswa magang Kadin Kota Bandung sebagai dunia industri,   kemudian secara formalitas kerjasama antara STIE EKUITAS dengan KADIN Kota Bandung diperlukan untuk kepentingan pada saat kita melakukan akreditasi, kami  juga berharap berkontribusi lainnya sebagai  lembaga perguruan tinngi yang nota bene selain dunia pendidikan juga pengabdian kepada masyarakat.  Selanjutnya kami harap ini juga bisa menjadi tempat informasi atau berbagi kepakaran sehingga beberapa format kegiatan kita coba siapkan.

Selanjutnya Anton mengatakan bahwa untuk mahasiswa yang magang disini tidak selesai begitu saja,  setelah penelitian dan mencari informasi data- data yang  terdata di Kadin Kota Bandung, kami ingin melanjutkan ke workshop in house,  dengan Kadin Kota Bandung menjadi narasumber eklusivitasnya.  Jika memungkinkan dari KADIN juga bisa mengfasilitasi pelatihan yang akan kami laksanakan , kemudian mungkin ada pekerjaan pekerjaan  yang KADIN kesulitan bisa dilengkapi dengan bidang keahlian kami, kami juga ingin KADIN menjadi patner kerjasama kami . Ada dana yang turun dari Magister yang memerlukan dana dari perusahaan, ada dana inti tapi kemudian harus didampingi oleh perusahaan.  kemudian dari kami bidang akademi membutuhkan perusahaan untuk pengembangan kurikulum, kita berharap agar dosen kami di libatkan dalam kegiatan Kadin Kota Bandung, ujarnya.

Sementara itu Ketua Kadin Kota Bandung, Iwa Gartiwa, mengucapkan selamat datang kepada civitas academisi STIE EKUITAS yang telah hadir dan berterima kasih atas tujuan serta renacana kerjasama yang telah disampaikan dalam kesempatan audiensi ini, ujar   Iwa Gartiwa.   Iwa Gartiwa mengatakan  menjadi rasa penasaran tersendiri kerjasama apalagi yang akan kita jalin dengan STIIE EKUITAS karena kita sudah begitu sering melakukan kerjasama dalam berbagai kegiatan sejak dulu, dan pada saat sekarang ada program Kampus Merdeka, salah satunya program magang yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mendapatkan pengalaman kerja di industri/dunia profesi.   Iwa berharap mahasiswa

harus berpikir bagaimana bisa menangkap peluang-peluang  di Kadin Kota Bandung, peluang-peluang ini harus ditangkap jangan disia-siakan, ujar Iwa Gartiwa.

Iwa Gartiwa juga menyampaikan terima kasih kepada STIE EKUITAS yang telah menerima UMKM Binaan Kadin Kota Bandung mendapatkan bimbingan dan pelatihan dari STIE EKUITAS.  Kami dari Kadin Kota Bandung sendiri sangat terbuka, mudah-mudahan bisa mendorong mahasiswa maupun UMKM menjadi lebih maju dan berkembang, UMKM dan mahasiswa harus sama-sama saling mendorong.  Kita tidak bisa melakukan terusan tanpa dukungan satu sama lain, apa yang bisa dimanfaatkan untuk memajukan UMKM kita dorong.  Karena beban berat sekali yang  ditanggung oleh para UMKM dimasa pandemi ini, jadi STIE EKUITAS dan Kadin Kota Bandung harus kerja marathon untuk UMKM.  Terutama  off taker (penjamin) untuk UMKM harus kita perhatikan.

Iwa Gartiwa juga menambahkan bahwa semua informasi  yang berkaitan dengan dunia usaha harus sampai kepada berbagai pihak, seperti beberapa Ketua Kadin saat ini ada yang menjadi Duta Besar di beberapa negara, begitu juga dengan program kegitan kerjasama antara STIE EKUITAS dengan Kadin Kota Bandung.   Terakhir  Iwa Gartiwa nyampaikan agar rencana kerjasama  STIE EKUITAS dengan KADIN Kota Bandung ini agar  ditindaklajuti dengan MoU supaya dapat langsung berkolaborasi untuk menjawab berbagai berbagi kegiatan menghadapi masalah dan tantangan yang kita hadapi kedepan,  banyak lancatan-loncatan yang terjadi, adanya generasi milineal dan digitalisasi, Kadin Kota Bandung sendiri harus mengikiti arus itu, ujar Iwa Gartiwa.

Sejalan dengan itu Bambang Tris Bintoro mengatakan bahwa Kadin Kota Bandung sudah menjalin kerjasama dengan beberapa  Universitas, Perguruan Tinggi maupun Sekolah Tinggi di Kota Bandung terutama kerjasama dalam bidang entrepreneur.  Kerjasama yang dilakukan oleh KADIN Kota Bandung dengan STIE EKUITAS ini sesuatu yang berbeda karena beberapa program kerjaamanya mempunyai indikator yang jelas seperti ada pelatihan ada magang ada best practice, kemudian ada temu bisnis, terakhir ada acara menyampaikan hasil  pertemuan dengan off taker yang lengkap selama satu tahun.   Ditambahkan Bintoro STIE Ekuitas ini bisa menjadi model.  Kerjasama kita juga  dilanjutkan dalam Pensiunpreneur, dan beberapa alumni dari mahasiswa STIE EKUITAS yang terlibat dalam program dengan Kadin Kota Bandung sampai sekarang masih sering berkontak dengan kami disini.

Selanjutnya Bintoro menyampaikan banyak program di Kadin Kota Bandung, hari Senin acara Coffe Monday yaitu acara curhatan pesertanya UMKM dengan kami memberikan  solusi bagi permasalahan UMKM  dan dalam  acara Kamis Manis Ngobrol Bisnis dengan berbagai pelatihan diantaranya  tentang bisnis plan, jelas Bintoro.

Pada kesemptan yang sama Mohamad Ilyas Basuki menyampaikan di Kadin Kota Bandung ini ada Lembaga Sertifikat Profesi (LSP) khusus di bidang administrasi perkantoran, kami menawarkan kepda berbagai SMK, Instansi Pemerintah dan PerguruanTinggi .  Kita sudah banyak membimbing di Peguruan Tinggi juga, mudah- mudahan dari adanya MOU  Kadin Kota Bandung dangan STIE EKUITAS, LSP kita semakin maju.

Sementara ittu Agus Sumeru Ketua Bidang Skema menjelaskan bahwa Skema yang kita punya adalah adminitrsi perkantoran tapi secara umumnya memang salah satu progam kita sinkronisassi dengan progam di Kadin Kota Bandung.   Kita Ingin membantu universitas di kota bandung untuk mendapatkan akreditasi dengan nilai yang lebih dan memiliki sertifikat, hal ini memang menjadi progam 2022, sasaran kita memang sekarang mengarah ke universitas,  barang kali ada kesempatan dengan ekuitas yang artinya kita juga bisa melaksanakan progam ini,ucap Agus Sumeru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here