Home Berita Kunjungan BRIN ke KADIN Bandung untuk Membahas Program Teknologi Tepat Guna yang Ditujukan bagi UMKM

Kunjungan BRIN ke KADIN Bandung untuk Membahas Program Teknologi Tepat Guna yang Ditujukan bagi UMKM

0
Kunjungan BRIN ke KADIN Bandung untuk Membahas Program Teknologi Tepat Guna yang Ditujukan bagi UMKM

Badan Riset dan Inovasi Indonesia (BRIN) pada hari Rabu, 30 Maret 2022 berkunjung ke KADIN Kota Bandung untuk membahas seputar Program BRIN Teknologi Tepat Guna yang ditujukan bagi UMKM.

Melalui pertemuan ini, BRIN sebagai badan riset memaparkan program bantuan UMKM berbasis penelitian dengan kegiatan mentoring selama 6 bulan. Nantinya, setiap peserta mentoring yang lulus akan mendapatkan insentif sebanyak 300 juta pertahun selama tiga tahun lamanya.

Tentunya, UMKM tersebut harus memberikan penemuan-penemuan baru untuk meningkatkan kualitas produk UMKM lainnya.

Sebagai contoh, UMKM susu di Subang yang berhasil menemukan teknologi pasteurisasi dengan menggunakan Plasma. Dimana penggunaan plasma ini sebenaranya sudah lama diaplikasikan di Eropa untuk olahan makanan basah.

Teknologi yang berhasil diimplementasikan di Subang tersebut kini telah diaplikasikan juga pada UMKM susu di Pangalengan.

BRIN kemudian membahas tujuan mereka yang ingin menaungi serta membimbing UMKM dengan gagasan serta ide baru untuk dapat diaplikasikan dalam produknya.

Hasil dari pertemuan kali ini adalah terwujudnya kerjasama antara KADIN dan BRIN, dimana nantinya pihak perwakilan BRIN akan mengumpulkan data UMKM dibawah naungannya agar bisa dibina lebih lanjut bersama KADIN.

KADIN juga sangat mengapresiasi peranan pemerintah melalui program BRIN dalam rangka meningkatkan kompetensi UMKM kedepannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here