Home Berita Kamis Manis Ngobrol Bisnis: Strategi Optimasi Toko Online yang Kompetitif Bagi Pelaku Usaha

Kamis Manis Ngobrol Bisnis: Strategi Optimasi Toko Online yang Kompetitif Bagi Pelaku Usaha

0
Kamis Manis Ngobrol Bisnis: Strategi Optimasi Toko Online yang Kompetitif Bagi Pelaku Usaha

Dunia digital semakin berkembang membuat orang dapat melakukan apa saja dengan mudah termasuk dalam berbisnis.

Salah satunya melalui toko online yang semakin marak dan menawarkan banyak kemudahan dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membuka lapak dagangan  dengan memanfaatkan marketplace yang memudahkan pembuatan toko online bagi pemula dan pebisnis.

Namun persaingan dalam bisnis online juga semakin banyak dan memerlukan strategi tersendiri untuk mengatasinya.

Kadin Kota Bandung berkolaborasi dengan Antara Inventory memberikan informasi dan  edukasi bagi para pelaku usaha di Kota Bandung  dalam acara Kamis Manis Ngobrol Bisnis dengan tema “Strategi Optimasi Toko Online yang Kompetitif” pada hari Kamis, 31 Maret 2022 di Aula Lt.1 Graha Kadin Kota Bandung, Jalan Talaga Bodas No. 31 Kota Bandung.

Acara yang terselenggara berkat kerjasama antara Kadin Kota Bandung, Antara Inventory, Bank BJB dan MFA Entertainment ini dihadiri oleh Ketua Kadin Kota Bandung – Ir. Iwa Gartiwa, MM. sebagai keynote speaker, CEO & Co-Founder dari Antara Inventory – Evan Samuel Atmadja dan VP of Sales dari Antara Inventory – Gabriel Tio sebagai Narasumber, serta Ridwan Kurniawan, Direktur Eksekutif Kadin Kota Bandung dan 50 peserta dari pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Bandung.

Pada kesempatan ini, Iwa Gartiwa mengatakan bahwa acara Kamis Manis Ngobrol Bisnis ini sungguh luar biasa, merupakan agenda rutin Kadin Kota Bandung, mudah-mudahan Bapak Ibu konsen menggali ilmu dari para narasumber dari Antara Inventory.

Lebih lanjut Iwa berharap acara Kamis Manis Ngobrol Bisnis ini adalah salah satu terobosan dari Kadin Kota Bandung agar bisa mempercepat (akselerasi) pemulihan ekonomi Kota Bandung.

“Kami juga terus melakukan kolaborasi, salah satunya dengan Antara inventory, dan kita juga konsen untuk melakukan digitalisasi dan inovasi sesuai dengan tagline Kadin Kota Bandung yang menjadi tema pada saat acara Pelantikan Pengurus Kadin Kota Bandung Masa Bakti 2021-2026 belum lama ini dan ingin terus kita gaungkan, karena sekarang merupakan kenistayaan bahwa kita harus melakukan kolaborasi, akselerasi, digitalisasi dan inovasi yang kita ambil dari singkatan kata KADIN,” ungkap Iwa.

Lebih lanjut Iwa memuji para peserta yang mengikuti acara Kamis Manis Ngobrol Bisnis ini adalah para pejuang Ekonomi, yang berjuang agar usaha lebih maju dan berkembang. Mereka mengikuti pelatihan-pelatihan di KMNB dari mulai awal pandemi sampai hari ini dimana pandemi  di Bandung hampir tidak ada levelnya lagi, orang sudah banyak berkumpul, kegiatan-kegiatan sudah mulai biasa lagi.

“Sebagaimana saya sering katakan dalam beberapa kesempatan acara Kamis Manis Ngobrol Bisnis, bahwa yang usahanya bisa bertahan dimasa pandemi (sekarang) maka dialah yang akan menjadi pemenang usahanya di pasca pandemi,” ujar Iwa.

Terakhir Iwa menyampaikan pada peserta KMNB untuk menyuarakan tagline Kadin Kota Bandung, Kolaborasi, Akselerasi, Digitalisasi dan Inovasi menjadi semangat kita bersama pasca pandemi yang harus kita lakukan dalam kegitan usaha.

“Sebagaimana yang telah disampaikan juga oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung pada saat Pelantikan Pengurus Kadin Kota Bandung bahwa 4 hal itu merupakan tantangan kita kedepan, dan Insya Allah kita bisa menjawab tantangan tersebut,” tutur Iwa.

Dalam paparan materi kali ini, CEO & Co-Founder dari Antara Inventory – Evan Samuel Atmadja menyampaikan kutipan yang dikatakan Rico bahwa

“Kegagalan terbesar dalam bisnis adalah saat kita berhenti berjualan”

Ada 4 hal yang harus diperhatikan saat kita berbisnis di toko online. Antara Inventory memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha dengan fitur-fitur yang memungkinan usaha toko online bisa dioptimasi dengan lebih baik. 4 fitur tersebut akan mengatur semuanya mulai dari manajemen stock, manajemen pemesanan, managemen karyawan hingga analisis bisnis.

Evan juga mengatakan bahwa Antara Inventory mengatur toko online dari satu platform, sehingga ia tidak perlu lagi repot cek setiap channel untuk mengupdate stock. Setelahnya, akan terus diupdate stock di setiap channel secara otomatis dan mengatur semua pesanan  dalam satu platform.

Apabila kita punya gudang yang berbeda-beda, fitur Multi Location akan membantu mengatur stock dan cek transaksi barang di setiap lokasi. Kemudian dalam Movement History semua transaksi untuk setiap barang akan tercatat otomatis di sistem yang ada di Antara.

Untuk usaha yang banyak variasinya atau barangnya dijual secara bundle ada fitur variasi dan Bundle, dimana dilakukan sinkronisasi semua stock produk secara otomatis, disamping itu agar stock lebih akurat, scan barang yang masuk dan keluar menggunakan barcode scannr.

Di Antara Inventory juga memiliki fitur Manajemen order untuk menghindari kelupaan saat memproses pesanan, disini kita dapat melihat semua pesanan dari marketplace maupun storefront cukup di satu tempat, kita juga dapat memantau status dari setiap pesanan, mencetak lapbel pengiriman, hingga menikmati fitur barcode scanner yang dapat meningkatkan keakuratan dari persiapan pesanan.

Selanjutnya, untuk meningkatkan kepuasan pembeli, pemilik toko online dan Antara Inventory mengurangi kesalahan pengiriman dikarenakan kelalaian pekerja gudang denagan fitur digital pick list yang dilengkapi dengan gambar dan barang yang akan digunakan sebagai barcode scanner. Tidak akan ada lagi salah kirim barang atau jumlah yang tidak sesuai.

Kadang kita sibuk jualan tapi penjualan tidak meningkat, untuk hal tersebut  ada fitur analisis bisnis, mulai dari analisa keuangan, penjualan hingga operasional, ini bisa digunakan untuk pengambilan keputusan lebih cepat dan tepat berbasis data, lanjut Evan.

Adapun untuk masalah karyawan, ada fitur manajemen karyawan yang dapat memberikan kemudahan untuk mendelegasikan tugas sehari-hari kepada karyawan. Kita pun disitu dapat memantau performa dari masing-masing karyawan tanpa harus ikut turun tangan ke operasioanal hari-hari dari toko online milik kita, dengan begitu kita akan punyak banyak waktu luang untuk memikirkan perkembangan bisnis kita, pungkas Evan dari Antara Inventory.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here